Senin, 21 November 2011

Aku Mau Hidup 1000 Tahun Lagi !

Life is beautiful. Meski kadang ngga selalu terlihat seperti itu, inilah yang mesti kita percayai. Hidup itu indah. Jadi sayang banget kalo dibuang sia - sia. . .

Sebelum gw kasih tau depresi itu apa, yuk, kita cari tau apa kita termasuk orang yang depresi atau ngga. Nih ciri - cirinya.. :)
  1. Ngga bisa tidur atau malah kebanyakan tidur.
  2. Ngga bisa konsentrasi atau baru sadar kalo banyak hal yang dulu kita rasa gampang dikerjain, sekarang jadi susah.
  3. Merasa ngga punya harapan dan ngga ada yang bisa nolongin.
  4. Kita ngga bisa mengontrol pikiran - pikiran negatif, seberapapun kita berusaha mengusirnya.
  5. Kehilangan nafsu makan atau malah ngga bisa berhenti makan.
  6. Gampang tersinggung dan temperamen lebih tinggi dari biasanya.
  7. Sering merasa sedih.
  8. Kita punya pikiran bahwa hidup itu ngga berarti lagi.
Kalo memang perilaku kita sesuai dengan 1 dan 2 pernyataan aja, mungkin kita hanya sedang tertekan atau stres ringan saja. Tapi kalo sesuainya sudah melebihi rata - rata (terutama kalo kita ngerasa sreg dengan pernyataan nomor 8), berarti kita lagi DEPRESI. Kita harus hati - hati, gals. Sebelom terlambat, kita cari tau yuk, apa itu depresi. ;)

"Depresi itu sebenarnya salah satu jenis penyakit. Penyakit yang satu ini mengganggu perasaan kita, ditandai dengan perasaan sedih berlebihan, gampang bete dan kecewa, ngga bersemangat, merasa ngga berharga, kosong, ngga punya harapan, merasa ngga ada yang sayang, ngga bisa apa - apa, suka menyalahkan diri sendiri."

Sering kali, penderitanya merasa iri sama orang-orang di sekitarnya dan punya pikiran bunuh diri. Orang depresi biasanya ngga berminat untuk merawat diri atau mengerjakan aktivitas sehari-hari lagi. Awalnya mungkin kita cuma merasa tertekan aja dengan masalah yang kita alami. Lama-lama bisa berkembang jadi stress. Kalo kita membiarkannya dan ngga berusaha mengatasi masalah yang ada, kita bisa depresi. Depresi ini yang bikin kita merasa jadi ngga berarti dan berpikir untuk bunuh diri.
Depresi ngga terjadi karena satu penyebab. Biasanya karena ada beberapa masalah yang terus-terusan ngga kita selesaikan, menumpuk, dan akhirnya bikin depresi. Tapi, depresi itu ngga selalu karena ada masalah. Sikap suka membesar-besarkan masalah (yang sebenarnya ngga penting) dan menganggap hidup kita super beratlah yang kadang bikin kita jadi depresi.
Nih dia beberapa faktor yang bisa bikin kita depresi :
  • FAMILY HISTORY. Gen punya peran penting dalam depresi. Depresi adalah salah satu penyakit yang punya kemungkinan untuk turun-temurun dalam keluarga.
  • TRAUMA DAN STRES. Dua hal ini bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari hal serius sampai yang paling simple sekalipun. Misal gara-gara putus dari pacar atau dicuekin gebetan. Perubahan dalam kehidupan sehari-hari juga bisa bikin stres, seperti pindah sekolah, lulus sekolah, dll.
  • PESIMIS SEJATI. Orang yang punya kepercayaan diri rendah atau sering memandang sesuatu dengan negatif otomatis lebih sering merasa depresi.
  • TERIKAT SAMA SESUATU SECARA BERLEBIHAN. Bisa sama benda, orang atau keadaan. Misalnya cewe yang ditinggal sama cowonya terus sampe gamau ngapa-ngapain. Diaaaam aja selama berbulan-bulan. Hal ini sama sekali ngga oke ! Secinta apapun kita sama sesuatu atau seseorang, kita harus lebih cinta sama diri sendiri, gals. Jadi kalo sampe kehilangan sesuatu yang kita sayangi, kita bisa yakin akan tetap survive.
  • SENSI BERLEBIHAN. Hal ini ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab kita depresi. Cewe memang lebih sensitif dibandingkan cowo, tapi kayaknya kita ngga perlu kan menjadikan 'kelebihan' ini sebagai alasan buat membesar-besarkan hal kecil. Lebih baik kita menenangkan diri & banyak istirahat dulu. Percaya deh, setelah tidur, masalah kita pasti ngga terasa seberat sebelumnya.
  • PENYAKIT BERAT seperti jantung, kanker atau pun HIV bisa bikin fisik jadi lemah dan membuat stres.
  • KALO KITA NGGA PUNYA TEMAN CURHAT atau keluarga dan teman yang mau mendukung kita pas kita lagi punya masalah, kita pasti jadi kesepian. Masalah yang ada makin numpuk dan bikin kita makin stres.

Kalo kita sering merasakan tanda-tanda depresi di dalam diri kita, kita harus buru-buru mengatasinya. Jangan diem aja dan bikin si depresi makin parah !
  • MINTA BANTUAN ATAU DUKUNGAN. Kita bisa ceritakan masalah ke orang-orang yang kita percaya, seperti ortu, adik-kaka, sahabat, atau om dan tante. Dukungan dari orang  sekitar akan membuat beban kita berkurang.
  • BIKIN PERUBAHAN GAYA HIDUP. Gaya hidup yang asal-asalan harus kita ubah. Misal, siapa juga yang ngga depresi ngeliat muka atau penampilan ngga pernah terurus. Coba mulai berinteraksi dengan orang lain, makan makanan bergizi, olahraga, tidur yang cukup, mempraktekkan tekhnik relaksasi, dan mengubah kebiasaan kita untuk selalu berpikiran negatif.
  • LAKUKAN KEGIATAN YANG KITA SUKAI. Hobi yang dulu kita tinggal sekarang bisa kita lakukan lagi. Melakukan sesuatu yang bikin senang, pasti bikin hidup kita lebih bahagia.
  • BIKIN DAFTAR HAL APA SAJA YANG KITA SUKA DARI DIRI SENDIRI. Ini bikin kita jadi makin positif dan sadar kita itu sangat berarti dan punya kelebihan.
  • BIKIN JURNAL. Tulis apa aja yang terjadi sama kita hari itu dan berusaha temukan 3 hal yang layak untuk kita syukuri setiap harinya. Saat kita bersyukur, kita jadi sadar hidup itu ngga sesusah yang kita pikirin dan pada akhirnya kita akan percaya kalo hidup itu memang indah.
  • GO EASY ON YOURSELF. Punya standar itu bagus, tapi kadang kita harus lebih fleksibel. Kegagalan sekali-sekali itu wajar kok. Ngga ada orang di dunia ini yang ngga pernah gagal. Justru dari kegagalan itu kita belajar lebih banyak lagi. So don't blame yourself too much. Santai aja, gals.
 
Your life worth so much. Death is just not the answer. Keep positive and don't forget to have fun. (^__^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar